Definisi dan Macam- macam Struktur Organisasi

Sebuah organisasi terdiri dari banyak sekali kegiatan dan sebuah pola hubungan yang semakin kompleks. Maka dari itu, perlu dibuat sebuah bagan yang menggambarkan tentang hubungan tersebut, termasuk hubungan masing- masing kegiatan atau fungsi. Bagan tersebut seringkali disebut dengan nama bagan organisasi atau struktur organisasi ( definisi/ pengertian struktur organisasi ). Yang menjadi dasar dari struktur organisasi ini adalah pembagian kekuasaan (authority/ otoritas ) dan tanggung jawab ( responsibility ).


·         Organisasi garis
Kelebihan:
o   Ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
o   Pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan
o   Pimpinan dapat lebih cepat dalam memberi perintah
o   Biaya lebih hemat
Kekurangan:
o   Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
o   Tidak adanya spesialisasi tugas
o   Kurangnya kerjasama antara masing- masing bagian/ department/ divisi

·         Organisasi garis dan staff
Organisasi garis dan staff adalah kombinasi yang diambil dari keuntungan-keuntungan adanya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan, hubungan antara pimpinan dengan bawahan langsung seperti ini dinamakan hubungan garis dan staff.
Kelebihan:
o   Pimpinan lebih leluasa memberi saran terhadap tugas khusus di luar bagian
o   Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan
o   Staf dapat mendidik para petugas
o   Ada kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas.
Kekurangan:
o   Kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah
o   Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf daripada atasan
o   Staff dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil

·         Organisasi Fungsional
Dalam struktur Organisasi Fungsional, masing-masing manajer adalah seseorang spesialis atau ahli  sedangkan masing-masing bawahan/pekerja mempunyai beberapa pimpinan.
Kelebihan:
o   Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
o   Tugas para manajer lebih ringan
Kekurangan:
o   Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
o   Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
o   Kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
o   Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.

·         Organisasi Komite
Kelebihan:
o   adalah sebuah forum untuk saling bertukar pendapat antar anggota organisasi/ perusahaan
o   Keputusan ditentukan bersama-sama
o   Menciptakan koordinasi yang lebih baik
o   Meningkatkan pengawasan.
Kekurangan:
o   Kesulitan dalam mempersiapkan pertemuan
o   Keharusan untuk berkompromi
o   Sering menimbulkan simpang siur dalam organisasi
o   Tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran yang diberikan

·         Organisasi Matrik
Pengertian/ Definisi dari Organisasi matrik adalah struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian-bagian yang berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.
Kelebihan:
o   Luwes/ Fleksibel
o   Memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang spesifik/persoalan-persoalan teknis yang unik
o   Memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada
Keburukan :
o   Beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
o   Manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
o   Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer-manajer lain.



0 Response to "Definisi dan Macam- macam Struktur Organisasi "

Posting Komentar

Entri Populer