Berikut ini adalah macam- macam bentuk struktur organisasi:
· Organisasi garis
Kelebihan:
o Ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
o Pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan
o Pimpinan dapat lebih cepat dalam memberi perintah
o Biaya lebih hemat
Kekurangan:
o Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
o Tidak adanya spesialisasi tugas
o Kurangnya kerjasama antara masing- masing bagian/ department/ divisi
· Organisasi garis dan staff
Organisasi garis dan staff adalah kombinasi yang diambil dari keuntungan-keuntungan adanya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan, hubungan antara pimpinan dengan bawahan langsung seperti ini dinamakan hubungan garis dan staff.
Kelebihan:
o Pimpinan lebih leluasa memberi saran terhadap tugas khusus di luar bagian
o Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan
o Staf dapat mendidik para petugas
o Ada kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas.
Kekurangan:
o Kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah
o Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf daripada atasan
o Staff dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil
· Organisasi Fungsional
Dalam struktur Organisasi Fungsional, masing-masing manajer adalah seseorang spesialis atau ahli sedangkan masing-masing bawahan/pekerja mempunyai beberapa pimpinan.
Kelebihan:
o Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
o Tugas para manajer lebih ringan
Kekurangan:
o Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
o Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
o Kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
o Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.
· Organisasi Komite
Kelebihan:
o adalah sebuah forum untuk saling bertukar pendapat antar anggota organisasi/ perusahaan
o Keputusan ditentukan bersama-sama
o Menciptakan koordinasi yang lebih baik
o Meningkatkan pengawasan.
Kekurangan:
o Kesulitan dalam mempersiapkan pertemuan
o Keharusan untuk berkompromi
o Sering menimbulkan simpang siur dalam organisasi
o Tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran yang diberikan
· Organisasi Matrik
Pengertian/ Definisi dari Organisasi matrik adalah struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian-bagian yang berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.
Kelebihan:
o Luwes/ Fleksibel
o Memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang spesifik/persoalan-persoalan teknis yang unik
o Memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada
Keburukan :
o Beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
o Manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
o Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer-manajer lain.
Daftar Pustaka: Struktur Organisasi: Pengertian dan Bentuk- Bentuknya
0 Response to "Definisi dan Macam- macam Struktur Organisasi "
Posting Komentar